Rabu, 18 Juli 2012

Ke Thailand





Ditengah kesibukan gw, akhirnya gw harus pergi juga ke Thailand. Tadinya gw negosiasi sama buyer gw, supaya gw bisa ngirimin 3 perwakilan aja kesana ; chemist gw, material engineering sama technical support gw. Gw pikir sih itu udah cukup. Secara gw juga sibuk banget nget nget.... Apa boleh buat, buyer maksa gw harus ikut. hmmm

Akhirnya gw harus berangkat juga. Harusnya gw bersyukur, gw bisa berangkat kemana - mana, ngga pake uang rakyat ...( masih kebawa blog gw sebelumnya niy ... hehe). Tetapi begitulah adanya, seperti yang gw sering tulis distatus fb gw, " yang punya duit ga punya cukup waktu, dan yang punya waktu gak punya cukup duit "... Secara duit, gw dikasih dari perusahaan gak ada kurangnya. Bahkan ga pernah dimasalahin seberapapun gw minta buat business trip selama ini. Masalahnya adalah, gw selalu gak punya cukup waktu. Jadwal yang padat, dan susah banget nyelipin ' relax time' untuk diri sendiri.

Gw ke Thailand, tujuan pertama adalah Ayuthaya, - bukan Bangkoknya -. Yang artinya, pinggiran banget. Dari Bangkok 2 jam. Kira - kira kaya Jakarta Bekasi ( hmmm bener ga ya ...), cuma karena masih majuan Indonesia, Ayuthaya ga selengkap Bekasi.

Waktu ke Thailand, pesawat mendarat, gw bilang " Thailand, I am coming ... can't wait to eat original Tom Yum, juga Pad Thai..". Di hotel sepintas yang gw tahu adanya Chinesse Restaurant sama Italian, jadi gw ajak team gw cari makan diluar, jalan kaki. You know what ? Dijalan - jalan, banyak sekali anjing dan.. tai anjing... huuuh. Udah mulai jijik disini. Sekitar 200m dari hotel, ada tulisan besar floating restaurant, dan gw langsung kebayang floating restaurant ala titanic seperti di Hongkong. Tapi ternyata ni resto dibikin dari kayu dan bambu, sangat sederhana... dan .. kesannya agak jorok... tambah lagi niy jijiknya... Trus baca menu, babi, babi, babi, babi... baru ikan uuuh...makin ga selera.... Abis itu temen gw mesen makan ikan sama minum lemon tea panas, yang disajiin malah bir dua gelas .. waaaah parah, pada ga bisa bahasa Inggris lagi...

Apa boleh buat, kami putusin cabut aja, balik ke hotel... sempet main sebentar di tempat pemujaan Budha deket hotel, buat sekedar foto, trus makan di hotel - restoran China. Abis itu meeting internal sama team, mutusin siapa ngelakuin apa besok di factory yang kami visit. Udah malam, kami melepas lelah sejenak sambil ngopi di cafe hotel, sambil melihat pemandangan sungai diwaktu malam. Barulah gw balik ke hotel, dan mempersiapkan file buat esok hari, terus tidur.

Besoknya jam 07:30, kami berangkat menuju perusahaan buyer kami. Sekitar 45 menit, dari hotel. Mobilnya bagus, dominasi pink hello kitty dengan fasilitas karaoke, flat tv, dan sound system yg uhuuuy.. hmmm... Kami melakukan bench mark production, factory tour, technical meeting, factory tour lagi, .. pokoknya hampir seharian di shop floor. Gw kaget, etos kerja mereka ngga sebagus tempat gw, padahal mereka membuat produk yang harganya berlipat2 dari produk gw. Tetapi gw juga heran, ternyata disitu juga banyak sekali robot2, digital dan automation proses yang bikin gw berdecak kagum... sayang banget ga boleh difoto.

Begitulah, kami akhirnya pulang ke hotel sekitar jam 6 sore. tanpa mandi, kami sudah harus makan bersama, dan Korea2 itu pada minum.. sampai malam, dan gw balik ke hotel. Gw harus siapin meeting dengan Asian Director sebuah perusahaan besar, besok pagi di Bangkok. Habis itu nge pack, secara besok jam 7:30, gw mesti cabut dari hotel menuju Bangkok, meeting ...baru kemudian langsung ke Bandara.

Pagi itu gw menuju Bangkok. Gw ga tahu berapa lama takes time kesana. Sopir hanya aa uu ditanyain, sementara tulisan2 indah banget kaya jawa kuno itu lo, tapi banyak juga yang ngga kebaca dan ga ada terjemahannya. Tapi akhirnya gw sampai, dan habis meeting, yang dijadwalin sejam, ternyata jadi 2 jam... gw kebat kebit lagi, soalnya flight gw jam 2.10... Kami naik taksi, dan Alhamdulillah sampai di Bandara sekitar jam 1. Check in, panjangnya sampai kaya ular, waaahhh kapan bisa belanjanya niy.. padahal belum sempet beli oleh2 apapun.. Alhamdulillah, akhirnya selesai juga check in, setelah setengah jam ngantri. Giliran di Imigrasi, lagi - lagi ngular panjang banget... setengah jam lagi, waaaa... gw yang ga sempet relax, sambil lari cuma foto2 seadanya, sebisanya... at the end, masuklah ke pesawat, tepat 5 menit sebelum pesawat berangkat... Lega...

Lain kali gw pasti kesini lagi, dan gw janji gw ga mau tinggal di Ayuthaya. Gw mau di Bangkok, biar gw bisa have fun setelah hari berat gw... Siapa mau ikut ?

Semakin gw kenal banyak negara dan visit negara2 lain, gw semakin cinta Indonesia. Betapa banyak keindahan di negeri kita, banyak banget kalau dibandingin negara lain... Dalam hati gw berpikir, seandainya rakyat Indonesia .. semua... berkesempatan buat mengunjungi negara lain, pasti mereka akan semakin cinta Indonesia... Pasti mereka akan bangga dengan menjadi warga Indonesia, pasti mereka akan melakukan sesuatu untuk negeri tercinta.... seperti gw !! Sayang, kebanyakan 'orang - orang pinter' saja yang keluar negeri, untuk kemudian berkoar mengkritik negeri sendiri, padahal mereka siapa, mereka bahkan orang yang suka kesana - sini dengan uang rakyat..... Sayang sekali, harusnya kita mencintai negeri sendiri, tidak hanya mengkritisi tetapi juga memberi solusi...tidak seperti mereka, yang sering terpampang dikoran, atau tampil di TV... selalu menilai orang lain salah... ooh ... Mari cintai Indonesia kalau tidak kita yang mencintai, trus siapa lagi ..? iya ngga, iya nggak, iya nggak...???

1 komentar: